Rechercher dans ce blog

Thursday, March 7, 2019

Masalah Ketombe Bisa Sebabkan Rambut Juga Rontok?

Suara.com - Masalah Ketombe Bisa Sebabkan Rambut Juga Rontok?

Jangan sepelekan masalah ketombe di rambut, karena bila terus dibiarkan ketombe parah dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan akhirnya mengakibatkan kerontokan.

Jangan berhenti menggunakan shampo antiketombe saja, hindari kerusakan rambut lebih lanjut dengan hal berikut dilansir Hello Sehat

1. Menggunakan sampo antiketombe dengan kandungan khusus

Beberapa jenis sampo telah diformulasikan untuk melawan ketombe yang membandel. Pilihlah sampo antiketombe yang mengandung asam salisilat, ketoconazole, pyrinthione zinc, atau selenium sulfide karena bahan-bahan ini dapat membantu membasmi kuman yang menjadi penyebabnya. Anda dapat menghentikan penggunaan sampo khusus ini bila kondisi kulit kepala sudah mulai membaik.

2. Jaga kelembapan kulit kepala Anda

Kelembapan kulit kepala berpengaruh besar terhadap masalah ketombe Anda. Sedapat mungkin, jagalah kelembapan kulit kepala Anda dengan rutin menggunakan kondisioner atau memijatnya menggunakan bahan alami.

Beberapa jenis bahan alami yang dapat Anda gunakan antara lain minyak kelapa, minyak pohon teh (tea tree oil), minyak zaitun, lidah buaya, dan lemon. Namun, Anda harus cermat dalam menggunakan minyak untuk memijat kepala. Jangan menggunakanya terlalu banyak, khususnya jika kulit kepala Anda mengalami dermatitis.

3. Menghindari produk yang mengiritasi dan merusak rambut

Beberapa orang memiliki kulit kepala yang sensitif sehingga tidak disarankan menggunakan cat rambut atau produk perawatan rambut tertentu. Produk-produk ini umumnya mengandung banyak bahan kimia, alkohol, pengawet, dan parfum yang dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Jika terus dibiarkan, penggunaannya dapat memicu dermatitis pada kulit kepala dan menimbulkan ketombe parah.

Salah satu contoh bahan yang dapat memicu pembentukan ketombe adalah minoxidil. Bahan ini biasanya terdapat dalam sampo dan berguna untuk mengatasi masalah penipisan rambut. Efek sampingnya adalah kulit kepala yang mengering dan timbulnya ketombe.

4. Memeriksakan kondisi kulit kepala Anda

Bila cara-cara di atas tidak dapat mencegah timbulnya ketombe, coba periksakan kondisi kulit kepala Anda untuk mengetahui kondisi medis yang mungkin menjadi pemicunya. Pada umumnya, ketombe parah muncul jika Anda mengalami kondisi seperti:

-Kulit kepala kering
-Pertumbuhan jamur
-Dermatitis kontak akibat bahan tertentu pada produk perawatan rambut
-Dermatitis seboroik yang seringkali muncul pada area kulit yang berminyak

Mengetahui kondisi medis yang melatarbelakangi masalah ketombe parah akan membantu Anda dalam menemukan solusi yang tepat. Selain itu, dokter juga dapat menyarankan penanganan medis seperti obat-obatan apabila diperlukan.

Masalah ketombe bisa menyebabkan masalah lain pada rambut yakni kerontokon dan lainnya, jadi cari sumbernya agar rambut kembali sehat dan tentu membuat Anda percaya diri serta menunjang penampilan bukan.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer