Rechercher dans ce blog

Thursday, February 28, 2019

Pesan Pakar Agar Masyarakat Dapat Menerapkan Kebiasaan Baru

Suara.com - Pesan Pakar Agar Masyarakat Dapat Menerapkan Kebiasaan Baru

Mengubah kebiasaan kurang baik menjadi lebih baik merupakan hal yang sulit. 

Hal tersebut diamini oleh pakar psikologi, Vera Itabiliana dalam acara "Healthy Living Starter Beko" di daerah Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, (28/2/2019).

Kata Vera, perlu adanya pembiasaan agar sesuatu menjadi kebiasaan.

"Manusia adalah creature of habit, atau mahluk yang terbentuk dari kebiasaan. Habit sendiri bisa terbentuk bila sebuah aksi dijalankan dengan rutin dan terus menerus," kata Vera.

Vera juga menjelaskan tentang empat tahap mengapa sesuatu bisa menjadi kebiasaan. Empat tahap itu adalah tujuan, nilai, pengulangan, dan reward sehingga kerap diulang.

Misal, kata Vera, kebiasaan makan nasi yang dilakukan oleh orang Indonesia. Padahal nasi bukan makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung gula yang tinggi dan tidak baik bagi kesehatan.

"Tapi pengetahuan mereka (orangtua) waktu dulu, kalau mau sehat ya makan nasi, 3x sehari. Hal itu mereka yakini sehingga membentuk nilai dan terus diterapkan sehingga pengulangan terjadi," kata Vera lagi.

Untuk itu, Vera menekankan pentingnya melawan inertia atau sifat perlawanan terhadapt perubahan. Caranya dengan menetapkan komitmen diri.

"Lakukan langkah-langkah kecil untuk memulai perubahan kebiasaan berdampak yang jauh lebih efektif, asalkan konsisten. Untuk bisa menjalankannya, lingkungan di sekitar harus bisa mendukung dan memantik motivasi sehingga kebiasaan batu terbentuk," tutup Vera.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer