Rechercher dans ce blog

Monday, May 29, 2017

Waspada! Pantai Ngungap Rawan Longsor

Suara.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera memasang rambu peringatan untuk mencegah wisatawan masuk ke dalam lokasi potensi longsor Pantai Ngungap, Tanjungsari untuk mengantisipasi jatuhnya korban jiwa.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, mengatakan pihaknya akan segera mengirim spanduk untuk melengkapi pemasangan rambu yang dilakukan SAR dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunung Kidul.

"Sementara yang dipasang spanduk dulu, nanti akan dilakukan pemasangan rambu permanen," kata Hary, Selasa (30/5/2017).

Diakuinya, Pantai Ngungap merupakan kawasan pantai yang diminati wisatawan untuk menikmati matahari tenggelam, sehingga perlu diantisipasi dengan pemasangan rambu untuk keamanan wisatawan yang berkunjung. Apalagi di sana juga ada mercusuar.

"Jangan sampai ada wisatawan masuk ke tebing Pantai Ngungap, akan kami antisipasi," ujar dia.

Hary mengatakan, potensi longsor masih terbuka, sebab dari kajian ahli geologi karst kawasan pantai memang berpotensi longsor, karena batu karang yang tergolong lunak dan mudah terkikis gelombang.

"Wisata pantai aman, kami mengimbau kepada wisatawan untuk mematuhi rambu," ucapnya.

Sementara Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul Marjono mengatakan dari pantauan, pihaknya lokasi Pantai ngungap masih ada retakan yang memanjang sekitar 100 meter.

"Kami akan menempatkan personel di sana untuk mencegah warga ataupun wisatawan masuk ke lokasi," katanya.

Sebelumnya, Tebing Pantai Ngungap, di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari tepatnya 100 sebelah timur Pantai Baron mengalami longsor pada Sabtu,(27/5)malam.

Marjono menatakan longsor terjadi sekitar 22.30 WIB. "Panjang longsoran mencapai 40 meter, dengan lebar 15 meter dan tinggi 75 meter," pungkasnya. [Antara]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer