Rechercher dans ce blog

Monday, July 31, 2017

Tips Sukses Membuat Tahu Bulat Digoreng Dadakan

Suara.com - "Tahu bulatdigoreng dadakan Rp500-an, hangat, gurih-gurih enyoi." Begitulah kata-kata penjual tahu bulat yang berkeliling menggunakan mobil bak terbuka.

Jajanan murah meriah ini memang lagi digemari masyarakat. Selain rasanya yang enak dan harganya yang murah, gurihnya tahu ini pas sebagai camilan saat santai.

Tahu bulat memang terbilang unik dari segi bentuk. Kalau biasanya tahu goreng bentuknya kotak, tahu yang satu ini berbentuk bulat dan di dalamnya kopong.

Buat Anda pencinta tahu bulat, kini dapat mencoba membuatnya versi homemade. Meski bahan dan langkah pembuatannya cukup sederhana, ada trik-trik yang perlu diperhatikan agar hasilnya mengembang cantik dan di dalamnya kopong, seperti dilansir Resep Koki:

Remas tahu putih hingga kering

Tahu bulat dibuat dari tahu putih. Agar mudah dibentuk menjadi bulatan, tahu putih perlu dihancurkan dan diperas airnya hingga kering.

Kalau Anda membeli tahu putih di pasar, biasanya tahu ini dibungkus dengan kain putih. Nah, kain ini bisa digunakan untuk memeras air tahu putih. Caranya, hancurkan dulu tahu putih di atas kain, lalu bungkus dan peras hingga tak ada tetesan air lagi.

Tahu putih mengandung banyak air, sehingga diperas berkali-kali pun tak akan membuatnya benar-benar kering. Meski begitu, selama tak ada air menetes setelah tahu putih diperas, Anda bisa tetap mengolahnya.

Kuning telur dan baking powder sebagai bahan pengembang

Beberapa orang mengatakan, tahu bulat bisa mengembang cantik hanya dengan kuning telur yang berkualitas bagus. Meski begitu, setelah dingin, tahu bulat ternyata bisa jadi kisut atau kempes jika dibuat dengan kuning telur saja.

Karena itu, perlu tambahkan baking powder sebagai bahan pengembang kedua. Gunakan double acting baking powder kalau Anda berencana menggoreng dalam jumlah banyak atau tidak langsung digoreng dadakan.

Selain kaldu bubuk, pakai bumbu halus/bubuk lain untuk cita rasa

Tahu bulat memang sudah enak dan gurih dengan kaldu bubuk. Namun jika ingin memperkaya rasanya, anda bisa tambahkan aneka bumbu yang sudah dihaluskan atau dalam bentuk bubuk, misalnya bawang putih, bawang merah, merica, cabai bubuk, dan lainnya sesuai selera anda. Setelah semua bahan dan bumbu tercampur rata, anda bisa mulai membulat-bulatkan tahu.

Sebelum digoreng, diamkan dalam freezer

Setelah dibulat-bulatkan, tata tahu bulat di atas piring datar atau loyang. Jangan lupa beri sedikit jarak antara satu tahu bulat dengan yang lain, ya. Masukkan dalam freezer dan diamkan selama minimal 30 menit. Tujuannya agar bentuk tahu bisa tetap bulat ketika dimasak nanti. Kalau kira-kira sudah cukup padat, tahu bulat bisa dikeluarkan dari freezer dan digoreng dalam minyak panas.

Goreng tahu dengan banyak minyak dalam api sedang

Tak seperti kebanyakan gorengan, tahu bulat justru harus digoreng dengan api sedang atau justru kecil. Tujuannya agar tahu ini bisa mengembang secara perlahan dan tak mudah kisut. Panaskan banyak minyak dengan api sedang, lalu masukkan tahu bulat ketika minyaknya sudah panas. Banyak minyaknya tak perlu seperti menggoreng deep-fry. Selama tahu bulatnya cukup terendam, berarti sudah cukup.

Selama proses menggoreng, bolak-balik tahu bulat supaya matang merata dan mengembang. Proses menggorengnya kurang lebih 10-15 menit, tapi kalau pakai api kecil bisa lebih lama.

Tahu bulat boleh diangkat jika kulit permukaannya sudah berwarna kecokelatan, mengambang di permukaan minyak, dan tidak ada tanda-tanda kisut. Tahu yang mengambang di permukaan ini menandakan kalau isinya sudah kopong.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer