Rechercher dans ce blog

Thursday, December 28, 2017

Tetap Bahagia Walau Tugas Kantor Bikin Stres dengan Cara Ini

Suara.com - “Bahagia itu sederhana”, kata-kata ini seringkali Anda dengarkan. Bahkan banyak orang yang menjadikan perkataan tersebut sebagai motto dalam hidupnya. Ya, bahagia memang sederhana. Namun kebahagiaan tidak dirasakan oleh semua orang. Buktinya, masih banyak orang yang dilanda rasa stres. Apalagi kalau sudah berada di tempat kerja.

Jika ditelaah, kantor adalah tempat yang paling menyenangkan. Bagaimana tidak, Anda dapat bertemu orang-orang baru, menambah keakraban, berbagi canda tawa, dan menambah ilmu. Akan tetapi ada waktu ketika rasa bahagia ini harus hilang ketika Anda bertengkar dengan teman kerja. Bisa juga karena hasil pekerjaan yang tidak memuaskan.

Ingat, stres di tempat kerja bukanlah hal yang harus dipertahankan. Mari, hilangkan rasa stres tersebut agar tetap bahagia selama berada di kantor. Lakukan beberapa cara berikut ini.

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Rekan Kerja
Terkadang, bekerja dengan rekan kerja lebih menyenangkan daripada bekerja sendiri.  Untuk itu, mulailah menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja di sekitar. Mulailah dengan seseorang yang ada di samping kiri dan kanan meja Anda. Setelah itu, barulah kepada rekan kerja di posisi depan dan belakang, serta menyeluruh.

Hubungan yang baik akan membuat lebih bersemangat ketika bekerja. Ketika ada masalah di tempat kerja, Anda juga dapat meminta solusi terbaik dari rekan kerja tersebut.

2. Menyelesaikan Tugas dengan Maksimal
Tugas yang dikerjakan asal-asalan pastilah hasilnya tidak akan maksimal. Maka tak heran jika manajer seringkali meminta untuk memperbaiki beberapa tugas yang telah diselesaikan. Ini tentu akan menambah beban pikiran, bukan? Ditambah tugas sebelumnya yang belum selesai.

Untuk mengatasinya, bangkitkan semangat dalam diri dan mulailah bekerja dengan sungguh-sungguh. Hilangkan pengaruh negatif dan hal-hal yang akan mengganggu saat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Hingga akhirnya hasil yang didapatkan lebih maksimal dibandingkan sebelumnya.

3. Ulurkan Tangan pada Rekan Kerja yang Membutuhkan
“Apa yang ditanam, itu pula yang akan dituai”. Kalau dipikir-pikir, perkataan tersebut ada benarnya juga. Jika suatu ketika rekan kerjamu mengalami kesulitan saat menyelesaikan tugas, jangan ragu untuk mengulurkan tangan. Ketika Anda mengalami hal yang sama, maka rekan kerja itu juga bersedia untuk membantu.

4. Selalu Tepat Waktu
Setiap tugas yang diberikan oleh atasan haruslah dikerjakan dengan tepat waktu. Untuk mewujudkannya, Anda bisa menyicil setiap tugas yang diberikan. Jangan pernah membuang-buang waktu. Hal ini akan memicu stres, terlebih jika sudah mendekati deadline.

5. Jangan Pernah Mengeluh pada Pekerjaan yang Diberikan
Mengeluh bagaikan sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Kebiasaan mengeluh akan semakin mempersulit Anda. Sehingga Anda merasa tidak nyaman setiap kali mengerjakan tugas yang diberikan.

Untuk itu, berhentilah mengeluh mulai dari sekarang. Lakukan pekerjaan dengan sepenuh hati dan ciptakan suasana yang nyaman agar tetap bahagia selama berada di kantor.

6. Jaga Konsentrasi
Konsentrasi yang buyar akan sangat berpengaruh terhadap apa yang dikerjakan. Hal inilah yang memicu Anda tidak bisa memberikan hasil yang terbaik kepada perusahaan. Oleh sebab itu, cobalah untuk menghilangkan segala jenis gangguan yang akan merusak konsentrasi. Jauhkan dirimu dari keramaian, gadget, dan obrolan singkat dengan rekan kerja di sebelah.

7. Selalu Berpikir Positif
Sadar atau tidak, satu buah senyuman yang Anda berikan kepada orang di sebelah merupakan salah satu bentuk sikap positif. Memberikan senyuman akan senantiasa membuat bahagia selama bekerja. Tidak peduli seberapa banyak dan sesulit apapun pekerjaan yang diemban padamu. Ingatlah, “Setiap masalah akan hilang hanya dengan tersenyum”.

8. Miliki Prinsip “Setiap Masalah Bisa Diatasi”
Sesulit apapun masalah yang ditanggung dan dihadapi saat ini, semua masalah tersebut pasti dapat diatasi. Pancarkan energi positif dalam diri Anda untuk mengatasi setiap masalah yang ada. Jangan pernah mempersulit keadaan atau bahkan membawa masalah tersebut sampai ke rumah. Ingat, masalah di kantor biarlah menjadi masalah kantor. Jika Anda sudah tiba di rumah, berhentilah untuk memikirkan masalah tersebut.

Itulah tips bahagia yang sederhana. Semoga tips di atas dapat membantu agar selalu bahagia selama berada di tempat kerja.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer