Rechercher dans ce blog

Tuesday, October 30, 2018

Dilarang Pakai Smartphone di Bar Ini

Suara.com - Sebuah bar koktail di Helsinki, Finlandia, bernama Chihuahua Julep, melarang seluruh pelanggannya menggunakan smartphone di dalam bar dengan alasan ingin mendorong interaksi sosial di dunia nyata.

Awalnya, pemilik Chihuahua Julep hanya meminta pengunjung untuk meletakkan ponsel di dalam tas dengan alasan cahaya layar ponsel dapat merusak suasana bar. Tetapi setelah melihat pelanggan yang mengikuti rekomendasi nampak lebih santai dan lebih terlibat dalam percakapan, ia memutuskan untuk memberlakukan larangan penuh penggunaan smartphone di bar miliknya.

Pemilik bar, Jami Jarvinen, mengatakan bahwa beberapa pelanggan sangat berjuang untuk mengikuti larangan tersebut.

Apalagi orang-orang muda dan orangtua yang sedang mengawasi anak-anak mereka. Tetapi kata Jami, banyak dari pelanggannya benar-benar mampu menggunakan kesempatan untuk "bersantai tanpa suara ping dan dengung ponsel pintar" di dalam bar.

"Senang rasanya melihat bahwa itu adalah keputusan yang tepat. Orang-orang benar-benar membutuhkan momen dalam kehidupan sehari-hari mereka yang sibuk untuk bersantai tanpa perangkat pintar, dan banyak yang tidak akan melakukannya jika kami tidak memutuskan untuk memberlakukan larangan itu," kata Jami Jarvinen kepada Finlandia Yle.

Ia juga menambahkan bagaimana staf di bar telah menyaksikan banyak momen tak terlupakan dari interaksi manusia berkat kurangnya penggunaan smartphone.

"Banyak orang ingin mengurangi penggunaan ponsel cerdas tetapi tampaknya tidak dapat mengelolanya," kata Jarvinen lagi.

Di Finlandia, kecanduan smartphone dan media sosial adalah topik yang hangat untuk dibicarakan.

Beberapa ahli di sana mengklaim bahwa sekitar 90 persen warga Finlandia merupakan pengguna smartphone. Karenanya mulai banyak seruan larangan smartphone di sekolah serta membangun sarana terapi untuk mereka yang kecanduan internet.

Yang menarik, Chihuahua Julep bukanlah bar pertama di dunia yang melarang penggunaan smartphone. Beberapa tahun lalu, pemilik The Gin Tub, sebuah pub di Brighton, Inggris, memasang pemberitahuan dan memblokir semua sinyal ponsel. Patut ditiru, nih!

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer