Rechercher dans ce blog

Thursday, November 29, 2018

Gaet Wisman, Kemenpar Bikin Acara di Perbatasan Malaysia-Indonesia

Suara.com - Festival Wonderful Indonesia kembali bersiap menggebrak perbatasan. Acara tersebut akan berlangsung 9 Desember 2018 di Lapangan Terminal Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Penyanyi dangdut Iis Dahlia akan memeriahkan event yang digelar 8 Desember 2018 itu.

”Kami berusaha mendatangkan wisatawan Malaysia ke tanah air. Karena itu, festival ini kami selenggarakan di perbatasan Malaysia-Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Selasa (27/11/2018).

Ia mengakui jika wilayah perbatasan jarang ada hiburan dalam skala besar. Karena itu di acara festival ini selalu banyak pengunjung termasuk masyarakat dari Khucing Sarawak, Malaysia.

”Ini kami lakukan agar potensi yang dimiliki Kabupaten Sambas semakin tereksplorasi dengan baik. Kawasan itu juga menjadi pintu gerbang untuk mendatangkan wisman asal Malaysia. Kami sudah menggelar acara seperti ini berkali-kali dan hasilnya sangat positif,” katanya.

Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan misi penyelenggaraan acara ini merupakan pencapaian target kunjungan 17 juta wisman pada tahun 2018.

"Dari sebanyak 19 pintu masuk wisatawan ke Indonesia, border Aruk yang berbatasan darat dengan Sarawak berpotensi dapat menjadi salah satu penyumbang besar masuknya wisman," ungkap Giri.

Festival ini dihelat dengan mengusung konsep cross-border tourism. Selain mendatangkan wisman, juga menghidupkan perekonomian sekitar. Sebab nanti di luar area konser musik, sepanjang jalan radius 1 km dipenuhi pedagang.

"Dari kerajinan, kuliner hingga kebutuhan lainnya ditawarkan ke pengunjung. Wisman datang menonton dan belanja, terjadi perputaran ekonomi langsung di sini, " jelasnya lagi.

 Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II, Sumarni menambahkan festival yang dikemas dengan konsep musik terbukti ampuh dan efektif dalam mendatangkan wisman dalam jumlah besar. Apalagi, musik dangdut juga sudah sangat populer di kalangan warga Malaysia.

"Konser dangdut selalu digemari di wilayah perbatasan. Apalagi bintang tamunya penyanyi Iis Dahlia yang juga banyak penggemarnya di Malaysia," kata Sumarni.

Promosi yang dilakukan tak hanya di kalangan masyarakat di Kabupaten Sambas saja, tetapi juga di Sarawak hingga Brunei Darussalam. Melalui penyebaran brosur, media massa dan penyiaran radio dan TV setempat.

"Peran Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan kunjungan wisman asal Malaysia ke perbatasan. Sebab itu beliau juga kami undang," pungkas Sumarni.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer