Rechercher dans ce blog

Friday, March 29, 2019

Najwa Shihab : Banyak Perempuan Muda Indonesia yang Malu untuk Berhasil

Suara.com - Meski dirasa sudah memilih kesempatan yang sama dalam berbagai hal, namun perempuan Indonesia masih memiliki tantangan besar dalam meraih kesuksesan dan keberhasilam dalam hidupnya. Hal ini disampaikan oleh Jurnalis sekaligus Presenter Televisi, Najwa Shihab.

Dalam sebuah talkshow yang diselenggarakan oleh Amartha Fintech, perempuan yang akrab disapa Nana mengungkap, bahwa meski sudah mengecap pendidikan tinggi, kesempatan yang terbuka luas di berbagai bidang dan memiliki kendali atas dirinya sendiri, perempuan Indonesia masih memiliki pola pikir yang membatasi dirinya. 

"Berbicara tentang perempuan Indonesia tantangannya pasti berbeda. Tapi saya mau bicara dalam konteks para perempuan muda di kota besar. Menurut saya seringkali tanpa tidak sadar, perempuan menganggap rendah dirinya sendiri. Secara sistematis melakukan itu," ungkap mantan Jurnalis Metro TV tersebut, Kamis (28/3/2019).

Ada banyak contoh kasus bahkan penelitian yang menunjukan hal tersebut. Ibu satu anak ini menunjukan, ada sebuah penelitian di mana mahasiswa perempuan dan lelaki ditugaskan untuk menebak skor IPK mereka. 

Mahasiswa perempuan selalu menebak skor IPK yang lebih rendah dibanding apa yang dia dapatkan. Sementara untuk mahasiswa lelaki, kata putri dari ulama Quraish Shihab tersebut, mereka dengan percaya diri menebak skor IPK yang lebih tinggi, dibanding dengan apa yang sudah didapatkan. 

"Selain itu, untuk lulusan fresh graduate perempuan, hanya 7 persen yang berani nego gaji pertama. Sedangkan lulusan laki-laki fresh graduate, 53 persen berani nego gaji pertama," tambah dia.

Jadi, lanjut perempuan yang lahir pada 16 September 1977 ini, ada rasa keengganan, yang seringkali secara sistematis dilakukan dan tidak disadari oleh perempuan-perempuan tersebut.

Sayangnya, hal ini dirasakan sangat wajar, karena harus diakui, kita hidup di dunia yang menganggap bahwa kesuksesan pada lelaki berkorelasi positif, sebaliknya kesuksesan berkorelasi negatif atas perempuan.

"Ya memang kita hidup di dunia yang seperti itu dan akhirnya itu yamg membuat seringkali perempuan merasa tidak bisa atau malu-malu menunjukan bahwa dirinya bisa dan berhasil," ujarnya.

Untuk itu, Najwa memiliki saran agar perempuan Indonesia bisa lebih percaya diri dan berani melakukan perubahan, dengan mulai melatih mengubah pola tentang diri sendiri terlebih dahulu. Dengan demikian akan memicu seseorang untuk mulai berani mengamil risiko.

"Mengubah mindset adalah keterampilan atau skill hidup yang perlu dilatih, sehingga kita tidak takut untuk mencoba hal-hal baru. Ini berkaitan erat dengan persistensi untuk mengejar sesuatu. Bisa dimulai dari hal sekecil apapun. Jadi memang harus dilatih,” kata dia.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer