Rechercher dans ce blog

Friday, January 31, 2020

Gerindra Klaim Riza Patria Kantongi 66 Suara DPRD DKI - BeritaSatu

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik mengklaim Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diusung partainya Ahmad Riza Patria telah mengantongi dukungan sebanyak 66 suara DPRD DKI. Dengan dukungan tersebut, kata Taufik, otomatis Riza Patria akan menang dalam perebutan menjadi orang Nomor 2 di DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan Taufik menanggapi klaim dari Cawagub PKS Nurmansjah Lubis (Ancah) yang mengatakan sudah mendapatkan 40 dukungan dari DPRD DKI Jakarta.

"Kita sudah 66 kursi, jadi optimis memang dan pertengahan Februari 2020, Ariza sudah jadi wagub DKI Jakarta," ujar Taufik di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Jika terjadi voting, maka cawagub harus mendapatkan suara 50 persen plus 1. Lantaran jumlah anggota DPRD sebanyak 106 orang, maka untuk menjadi pemanang, seorang cawagub minimal mendapatkan 54 suara.

Taufik mengakui bahwa Riza belum melakukan sowan ke fraksi-fraksi di DPRD DKI Jakarta. Namun, menurut dia, dirinya dan partai Gerindra sudah lama membangun komunikasi dan lobi-lobi untuk mendapatkan dukungan dari pemilik suara.

"Saya sampaikan ini bukan asal ngomong juga, kita juga punya data hasil komunikasi kita," tandas dia.

Apalagi, kata Taufik, selama setahun proses pemilihan wagub DKI mandek karena semua calonnya berasal dari PKS. Padahal, nama calon dari PKS saat itu, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu sudah diserahkan ke DPRD DKI Jakarta.

"Sederhana bacaannya, gampang, (pemilihan wagub) satu tahun macet, pokoknya satu tahun macet," pungkas dia.

DPRD DKI akan menggelarkan rapat pimpinan gabungan (rapimgab) untuk membahas dan memantapkan tata tertib (tatib) pemilihan pada 6 Februari 2020. Kemudian, dilanjutkan dengan rapat paripurna pengesahan Tatib dan pemilihan panitia pemilihan (Panlih).

Panlih akan melakukan verifikasi dan pemeriksaan administrasi terhadap kedua cawagub DKI. Termasuk kemungkinan dilakukan fit and propes tes cawagub. Setelah itu, dilakukan Rapat Badan Musyawarah untuk menentukan teknis Rapat Paripurna dan pertengahan Februari 2020, DKI Jakarta akan mempunyai wagub baru.

Pemilihan bisa dilakukan dengan mekanisme musyawarah dan voting. Jika voting, maka cawagub harus mendapatkan 50 persen plus 1 suara dari 106 anggota DPRD DKI Jakarta.

Komposisi kursi di DKI Jakarta didominasi oleh PDI Perjuangan dengan jumlah 25 kursi. Lalu disusul Gerindra 19 kursi , PKS 16 kursi, Partai Demokrat 10 kursi, PAN 9 kursi, PSI 8 kursi, Partai Nasdem 7 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PKB 5 kursi dan PPP 1 kursi.

Jika kompak, maka Riza Patria sudah mengantongi 19 suara dari Fraksi Gerindra dan membutuhkan 35 kursi lagi untuk bisa menjadi pemenang. Sementara Nurmansjah Lubis sudah mendapatkan 16 suara dari fraksi PKS dan perlu menggaet 38 suara lagi untuk mengalahkan Riza Patria. 

Let's block ads! (Why?)



"suara" - Google Berita
February 01, 2020 at 01:06PM
https://ift.tt/3b4gdOj

Gerindra Klaim Riza Patria Kantongi 66 Suara DPRD DKI - BeritaSatu
"suara" - Google Berita
https://ift.tt/2QI8pbK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer