Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 17, 2020

Cek Fakta: Trump Umumkan Vaksin Virus Corona dari Roche Medical Company? - Suara.com

Suara.com - Sebuah video yang diklaim berisi pengumuman dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump akan ketersediaan vaksin virus corona baru SARS-Cov-2 penyebab wabah Covid-19 kini sedang viral di Indonesia.

Video berdurasi sekitar 36 detik itu banyak disebarkan di aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial seperti Facebook serta Twitter.

Tidak hanya video, konten yang viral itu juga disertai tulisan yang isinya demikian:

VAKSIN VIRUS CORONA!

Saat ini, Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin hari Minggu depan, dan jutaan dosis sudah siap! - Permainan selesai.

Now, direct Trump announced that Roche Medical Company will launch the vaccine next Sunday, and millions of doses are ready from it !!!
-the end of the play

Sementara video yang sama juga disertai oleh narasi lain seperti di bawah ini:

Apakah permainan ini akan berakhir... ?? roche medical siap meluncurkan jutaan vaksin minggu depan...

Penjelasan

Saat disaksikan hingga tuntas, tokoh yang dipersilahkan bicara oleh Presiden AS, Donald Trump dalam video itu adalah Matt Sause - Presiden dan CEO Roche Diagnostics North America.

"Dari Roche kami ingin berterima kasih kepada FDA karena dengan cepat telah memberi izin untuk penggunaan tes virus corona kami," kata Sause dalam video itu.

Lebih lanjut ia juga berterima kasih ke FDA dan CDC karena telah mengizinkan alat tes atau test kit virus corona buatan Roche untuk dijual di pasaran.

Dalam video itu, baik Trump maupun Sause sama sekali tidak menyebut kata vaksin untuk virus corona. CDC sendiri adalah badan pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di AS. Sementara FDA adalah lembaga yang mengatur soal makanan dan obat-obatan.

Video itu sendiri merupakan potongan dari video live stasiun televisi AS, NBC News yang diunggah ke Youtube pada 14 Maret kemarin. Aslinya di Youtube video itu berdurasi 2 jam 16 menit dan berisi konferensi pers Trump soal virus corona.

Dalam konferensi pers itu, Trump mengundang sejumlah perusahaan swasta di AS yang bersedia berkolaborasi dengan pemerintah untuk ikut serta melawan virus corona.

Roche hanya salah satu dari mereka dan perusahaan itu berperan menyediakan test kit untuk mendeteksi pengidap virus corona baru di balik wabah Covid-19.

Menurut Wired, Roche - perusahaan asal Swiss - mendapatkan izin dari FDA untuk menjual test kit virus corona di AS pada 13 Maret kemarin. AS sendiri sedang mengalami kelangkaan alat tes/test kit virus corona.

Roche sendiri mengatakan akan mengiri 400.000 test kit virus corona ke AS dan akan memproduksi 400.000 alat tes per pekan. Alat tes virus corona buatan Roche diklaim mampu memberikan hasil dalam hitungan jam.

Kesimpulan

Video di atas sama sekali tidak membicarakan soal vaksin virus corona. Yang dibicarakan adalah soal ketersediaan test kit atau alat tes untuk mendiagnosis virus corona penyebab wabah Covid-19 di Amerika Serikat.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Let's block ads! (Why?)



"suara" - Google Berita
March 17, 2020 at 03:12PM
https://ift.tt/33mJGzE

Cek Fakta: Trump Umumkan Vaksin Virus Corona dari Roche Medical Company? - Suara.com
"suara" - Google Berita
https://ift.tt/2QI8pbK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer