Rechercher dans ce blog

Friday, July 28, 2017

Perayaan Emas ASEAN, Bank UOB Indonesia Gelar Pameran Karya Seni

Suara.com - Sekretariat ASEAN dan ASEAN Foundation berkolaborasi melalui pameran karya seni modern dan kontemporer yang berjudul ASSEMBLAGE: REFLECTIONS ON ASEAN, bekerja sama dengan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia), Art Agenda, S.E.A., dan DayaLima, dalam perayaan emas ASEAN tahun ini. Pameran tematik, yang merupakan kali pertama diadakan di Galeri ASEAN – mempersembahkan perjalanan transformasi dan kemajuan yang dilakukan oleh negara anggota ASEAN dan masyarakatnya.

Pameran ini menampilkan lebih dari 20 karya seni, yang dimiliki oleh kolektor pribadi, Sekretariat ASEAN, serta instalasi seni patung hasil kreatifitas seniman kontemporer Indonesia, Hendra Priyadhani. Hendra Priyadhani (lahir 1981) adalah salah satu seniman kontemporer berbakat masa kini. Karya seninya menggabungkan benda-benda yang ditemukan dari berbagai sumber, dan menggambarkan simbol peleburan budaya dan ekonomi yang mendefinisikan ragam karakteristik Asia Tenggara. Sebelumnya, Priyadhani telah mempelajari karya-karya seni modern yang akan dipamerkan untuk mengartikulasikan lebih dalam konsep visual, dan naratif yang dihasilkan oleh seniman-seniman dari generasi sebelumnya.

Pameran akan dibuka dengan penjajaran dua lukisan besar yang diciptakan pada tahun 1962; yaitu hasil karya seniman Indonesia Amrus Natalsya, dan seniman Filipina Vicente Silva Manansala. Dua lukisan ini mengekspresikan dua perspektif yang berbeda mengenai sejarah Asia Tenggara: karya Natalsya menggambarkan sejarah masa lalu, realita kebutuhan masyarakat dan manusianya, sedangkan karya Manansala menggambarkan visi masa depan yang didorong oleh industri dan teknologi.

Selama beberapa dekade, penggambaran mengenai masyarakat dan kehidupan di wilayah Asia Tenggara kerap menjadi tema lukisan para seniman asalnya. Esensi kemurnian suasana pedesaan di wilayah ini pun sering ditonjolkan. Seniman Thailand Damrong Wong-Uparaj menyajikan pemandangan pedesaan yang memukau dalam keheningan, sementara semangat gotong royong menjadi pilihan tema seniman Malaysia, Khaw Sia, yang turut mengusung nilai-nilai kehidupan bermasyarakat di wilayah ini. Pada tahun 1990an, seniman seperti Mohammed Din Mohammad dari Singapura dan Pacita Abad dari Filipina mengulas isu sosial dan politik yang dituangkan melalui karya seni lukisan ekspresif, menegaskan perkembangan lukisan abstrak dan naratif.

"Sekretariat ASEAN bangga dapat turut berpartisipasi dalam pameran seni perdana, hasil kolaborasi dengan para mitra terhormat untuk mempersembahkan ragam karya seni yang mewakili ASEAN. Kami berharap melalui inisiatif ini, kami dapat lebih mempererat hubungan antar masyarakat ASEAN," ujar Lee Yoong Yoong, Director, Community Affairs Directorate, Community and Corporate Affairs Division dalam keterangan resmi, Jumat (28/7/2017).

“Sebagai badan ASEAN yang menghubungkan anggotanya, kami senang dapat turut terlibat dalam inisiatif ini, dan menyambut antusiasme publik di ASEAN Gallery untuk menikmati hasil karya seniman-seniman ASEAN. Pameran Assemblage: Reflections on ASEAN mengajak masyarakat untuk menghargai kekayaan dan keragaman ASEAN, dan menggarisbawahi pentingnya menjaga keragaman dengan mempererat hubungan masyarakat ASEAN di masa lalu, hari ini, dan tentunya untuk masa depan,” ujar Elaine Tan, Executive Director ASEAN Foundation.

Kevin Lam, Presiden Direktur UOB Indonesia mengatakan, “Sebagai bank terkemuka di Asia, kami berkomitmen untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan serta membuat perbedaan di komunitas tempat kami beroperasi, melalui fokus kami dalam bidang pendidikan, anak-anak dan seni. Kami percaya bahwa seniman memiliki peranan penting dalam keberlangsungan masyarakat lintas generasi, dan membantu mereka agar menghargai keragaman budaya."

Assemblage: Reflections on ASEAN berlangsung mulai 28 Juli hingga 31 Agustus 2017 di ASEAN Gallery, bertempat di Jalan Sisingamangaraja 70A, Jakarta. Pameran dibuka pada hari Senin hingga Jumat, pukul 10.00 hingga 16.00, dan tidak beroperasi pada hari Sabtu, Minggu dan libur nasional. Pameran ini terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya masuk. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Nindia Pertiwi di +62 (21) 7262991 ext. 115

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer