Rechercher dans ce blog

Thursday, September 28, 2017

Cobain Morgan Estate Geisha Yuk! Kopi Seharga Rp2 Juta per Kg

Suara.com - Dari berbagai macam varietaskopi, ada satu jenis kopi yang dikenal sangat langka dengan aromanya yang unik. Kopi tersebut dikenal dengan nama Geisha, berasal dari Panama.

Kopi Geisha ini asal sebenarnya dari sebuah wilaya bernama Gesha, yang terletak di barat daya Kenapa. Sampel biji kopi tersebut kemudian dibawa ke Panama untuk kemudian di tanam di negara yang berada di kawasan Amerika Tengah itu.

Salah seorang kurator kopi asal Indonesia, Arief Said mengatakan, jika salah satu produsen kopi Geisha ternama dan tertua di Panama, yaitu Morgan Estate Geisha, menjadi salah satu produsen jenis kopi termahal dan terlangka di dunia.

Saat ini saja, Morgan Estate Geisha dijual dengan harga tinggi, sekitar lebih dari Rp2 juta per kilogramnya.

"Kenapa bisa mahal? Karena ada faktor emosional. Seperti diikutkan dalam kompetisi," ucapnya dalam acara media gathering bertajuk "Tasting the Effect of Water in Brewing Coffe" di Kafe GordiHQ, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2017).

"Kedua, jarang ada kopi yang bisa memberikan rasa, aroma, floral, atau kompleksitas rasa sebegitu banyak dan yang ketiga, manis," sambung Arief.

Morgan Estate Geisha memang dikenal sebagai salah satu varietas biji kopi langka yang mengeluarkan rasa buah-buahan dengan aroma floral.

Bukan hanya itu, varietas kopi ini juga dianggap memiliki cita rasa 'manis' yang kerap dicari pecinta kopi.

"Kita selalu mencari sweetness dalam kopi. Kalau tidak ada, kita cari bagaimana caranya (mendapatkan rasa manis). Apakah itu ada pada prosesnya, paska panen, atau bahkan pupuknya. Kita cari (manisnya) sampai ke sana," papar Arief.

Foto: Morgan Estate Geisha. [Suara.com/Risna Halidi]

Meski secara pemasaran dianggap langka dan memiliki harga jual tinggi, namun Arief mengaku jika varietas kopi ini memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia.

Karenanya, Arief melalui kafe sekaligus layanan berlangganan penikmat kopi yang ia kelola, GordiHQ, mengemas satu paket kopi berlangganan baru yang bertajuk Gordi Black.

Untuk edisi pertama ini, Gordi Black berisikan biji kopi varietas Morgan Estate Geisha yang dikemas bersama kandungan mineral seperti magnesium dan buffer. Kemasan mineral tersebut, kata Arief, akan memberikan cita rasa berbeda bagi penikmat kopi.

Cara pembuatan kopi juga disertakan pada paket Gordi Black yang dipatok seharga Rp280 ribu tersebut.

"Kami melakukan uji coba resep agar bisa mendapatkan rasa yang maksimal dari kopi yang telah menjadi pemenang dari banyak penghargaan ini," tutup Arief.

Foto:  Arief Said, pemilik kafe GordiHQ. [Suara.com/Risna Halidi]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer