Rechercher dans ce blog

Sunday, December 31, 2017

Serunya Liburan di Wisata Alam Penangkaran Rusa Cariu!

Suara.com - Masih dalam suasana liburan Tahun Baru, Suara.com mengajak Anda dan keluarga untuk menikmati salah satu lokasi wisata alam yang terletak di Cariu, Kabupaten Bogor.

Adalah Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu yang dapat ditempuh tiga jam perjalanan dari Jakarta.

Penangkaran Rusa ini dikelola oleh Perhutani dan memiliki luas total 5 Ha. Di sana, pengunjung bisa berjumpa dengan dua jenis rusa yaitu rusa totol atau Axis Axis dan rusa Jawa atau Timorensis.

"Tempat ini berdiri dari 1993 dan dikelola oleh Perhutani Jonggol. Ada 15 ekor rusa terdiri dari rusa totol satu ekor dan rusa tomirensis 14 ekor. Rusa datang dari Blitar, Surabaya dan (rusa) totol dari Kebun Raya Bogor," terang Petugas Pengelola Penangkaran Rusa, Ede Elih, kepada Suara.com.

Di sana, pengunjung dapat menikmati alam yang masih sejuk sembari dikelilingi kawanan rusa di padang rumput yang hijau.

Agar bisa semakin dekat dengan rusa, pengunjung diperkenankan membeli pakan rusa berupa ubi yang dijual di areal penangkaran. Untuk satu kantung ubi yang sudah dipotong-potong dihargai Rp10 ribu saja.

"Rusa di sini jinak. Apalagi kalau bawa makanan ubi. Mereka (rusa) sudah tahu kalau pengunjung bawa ubi dan kelihatan, pasti nyamperin," tambah Ede.

Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu, Bogor. (Suara.com/Risna Halidi)

Akses ke Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu juga tak terlalu sulit. Pengunjung bisa keluar Gerbang Tol Cibubur dan melanjutkan perjalanan terus ke arah Cileungsi-Jonggol.

Lokasinya yang sarat dengan nuansa alam membuat penangkaran ini cocok dijadikan sebagai wisata alternatif keluarga.

Selain bermain dan memberi makan rusa, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu adalah berkemah, outbound, berfoto, hingga melakukan aktivitas permainan anak.

Hanya dengan biaya masuk sebesar Rp10 ribu per orang, Anda juga bisa bermain di Sungai Cibeet bila sedang tenang. Seru, kan?

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer