Rechercher dans ce blog

Monday, January 29, 2018

Berburu Pohon Jeruk Imlek, Si Buah Keberuntungan

Suara.com - Jelang perayaan Imlek yang jatuh pada 16 Februari di tahun ini, warga keturunan Tionghoa mulai menyiapkan berbagai kebutuhan untuk perayaan spesial mereka, salah satunya menghiasi rumah dengan pohon jeruk Kim Kit atau yang biasa dikenal dengan pohon jeruk Imlek.

Ya, pohon jeruk dengan daun rimbun dan buah yang lebat berukuran kecil ini, memang banyak menghiasi rumah-rumah mereka yang merayakan Tahun Baru cina alias Imlek. Tak heran bila banyak di antara warga keturunan Tionghoa membeli pohon jeruk Kim Kit menjelang Imlek.

Alasannya, apalagi selain sebagai lambang keberuntungan. Inilah mengapa saat ini, mulai banyak toko tanaman yang menjual pohon jeruk Imlek.

Tak tanggung-tanggung, pohon jeruk Imlek ini didatangkan langsung dari Cina atau Taiwan. Itu pula yang dilakukan oleh Esti Fruit Tani, di Kavling DKI, Meruya, Jakarta Barat.

Frans, salah satu pemilik Esti Fruit Tani menuturkan bahwa khusus untuk Imlek toko tanamannya akan menjual pohon jeruk Imlek yang terdiri dari dua jenis, yakni pohon jeruk Chusa dan pohon jeruk Kim Kit.

Sebulan sebelum perayaan Imlek, pohon jeruk Imlek dari Cina dan Taiwan sudah berdatangan ke Jakarta. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

"Sebenarnya sama saja, cuma kalau Chusa itu lebih besar, pohonnya lebih tinggi, buahnya lebih oranye. Mereka percaya semakin rimbun dan semakin tinggi, pohonnya, maka akan semakin banyak pula rezekinya di tahun yang akan datang," jelas dia saat suara.com temui, Minggu (28/1/2018).

Untuk tahun ini, lanjut Frans, pohon jeruk Imlek yang dijual, langsung didatangkan dari Taiwan sebanyak empat kontainer, dimana satu kontainer berisi 3000 pohon jeruk Imlek. Biasanya, kata dia, pohon jeruk Imlek akan mulai didatangkan sebulan sebelum perayaan.

Harga jualnya pun, kata Frans cukup bervariasi, tergantung ketinggian, bentuk dan jumlah buah yang ada di dalam satu pohon. Pohon dengan ukuran M, L, dan XL dijual mulai dari Rp500 ribuan. Sedangkan yang ukuran jumbo dan super jumbo harganya bisa mencapai Rp5-7jutaan.

"Sebagian besar yang ada di sini, sudah habis dipesan pembeli. Sebelum didatangkan malah sudah ada yang pesan. Saya melayani untuk pedagang yang akan dijual lagi sampai eceran. Kalau untuk Chusa semua sudah habis dibeli. Sisa yang Kim Kit," jelasnya.

Semakin banyak buah jeruknya dalam satu pohon, diyakini akan semakin melimpah rezeki dan keberuntungan yang didapat pemiliknya. (Suara.com/Dinda Rachmawati).

Saat Imlek, pohon ini memang lebih banyak menjadi pajangan dari pada dipetik untuk dimakan, karena rasa buahnya yang asam. Meski begitu, arti pohon jeruk Imlek bagi masyarakat Tionghoa sangatlah penting.

Warna jeruk diyakini sama dengan simbol warna emas atau kekayaan yang dipercaya oleh masyarakat Tionghoa. Maka, semakin banyak buah di satu pohon, akan semakin melimpah rezeki dan keberuntungan yang didapat si pemiliknya.

Selain sebagai keberuntungan, jeruk Kim Kit sering dijadikan sebagai lambang keharmonisan dan hubungan antarkeluarga. Hal ini dikarenakan pohon jeruk Imlek, buahnya selalu berkumpul dan menyatu kalau sedang berbuah, inilah yang dijadikan simbol kedekatan hubungan keluarga.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer