Rechercher dans ce blog

Tuesday, January 30, 2018

Cikao Park dan Gunung Bongkok Jadi Wisata Andalan Purwakarta

Suara.com - Kawasan Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Ada kawasan yang memang sengaja dibuat untuk hiburan warga, ada juga lokasi wisata yang asli dari alam dan penuh pesona keindahan.

Salah satu kota di Jabar yang bisa Anda kunjungi untuk rekreasi adalah Kota Purwakarta. Di sini tersedia lokasi wisata buatan dan lokasi wisata dari alam.

Sebelum Anda mengunjungi wisata alam, tak ada salahnya untuk mencicipi kemeriahan wisata di Taman rekreasi Cikao Park. Lokasi ini tergolong strategis dan mudah dijangkau.

Cikao Park terletak di Jalan Raya Sukatani. Jika Anda datang dari arah Jakarta atau Bandung, maka di Tol Cipularang, Anda keluar melalui gerbang tol Jatiluhur.

Anda akan mengendarai kendaraan roda empat selama sekitar 30 menit untuk menuju Cikao Park. Perjalanan dari gerbang tol keluar Jatiluhur menuju Cikao Park sekitar 3 kilometer.
 
Cikao Park berdiri di atas lahan seluas 3,5 hektare. Di sini tersedia arena bermain anak, seperti camping ground, arena skatepark, sirkuit offroad dan grasstrack, floating gazebo karaoke, Cikao Park fun club, atv kids, dan lampion park.

Untuk menikmati semua fasilitas wisata ini, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp45 ribu per orang.

Tak cuma wahana rekreasi anak, Cikao Park juga memiliki mini zoo. Di sini ada berbagai jenis hewan dari spesies primata, mamalia, reptil, dan burung.

Jika lelah dan ingin menikmati alam, Anda bisa duduk di tempat-tempat yang Anda pilih untuk menyaksikan suasana gunung yang sejuk dan indah, serta mendengar desiran air Sungai Cikao yang mengalir di kawasan wisata.

Sejuk dan Indahnya Wisata Gunung Bongkok
Nah, kalau Anda memang penyuka wisata alam, silakan pilih Gunung Bongkok di Purwakarta, sebagai tempat Anda bersantai. Gunung Bongkok berada di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis, Jabar.

Menurut Wikipedia, Gunung Bongkok mencangkup Kecamatan Salopa, Kecamatan Cineam - Kabupaten Tasikmalaya dan Kecamatan Langkaplancar - Kabupaten Ciamis. Gunung yang memiliki ketinggian 1.141 meter di atas permukaan air laut (mdpl) ini dilewati oleh sejumlah sungai, yaitu Ciseel, Cigugur, Cimandala, Cicondong, Ciparang, Cimedang, Cikondang, dan Sungai Cipanaha.

Jika Anda memulai perjalanan dari Stasiun Purwakarta, maka Anda akan mendapat banyak informasi tentang perjalanan ke Gunung Bongkok. Di sana banyak pula pemandu yang bisa menolong Anda untuk sampai ke Gunung Bongkok.

Perjalanan dari stasiun untuk sampai ke pos pendaftaran Gunung Bongkok sekitar 2 jam dan biaya masuk ke kawasan gunung indah ini Rp10 ribu per orang. Jika Anda berniat mendirikan tenda, maka Anda akan dipandu ke kawasan khusus mendirikan tenda yang bisa ditempuh selama 30 menit dari pos pendaftaran.

Selain udaranya yang sejuk, di kawasan ini Anda juga bisa menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur dari kejauhan. Jangan khawatir jika kehabisan bahan makanan, sebab banyak tersedia warung yang menyediakan berbagai santapan di sini.

Nah, kini silakan menikmati keindahan Kota Purwakarta!

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer