Rechercher dans ce blog

Wednesday, February 28, 2018

Selain Menurunkan Berat Badan, Diet Ini Juga Meredakan Stres, Lho

Suara.com - Diet ternyata tak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, tetapi juga bisa membantu meredakan stres.

Dan jenis diet yang mampu memberikan manfaat ganda itu adalah diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), yang menekankan pada pola konsumsi buah dan sayuran yang dibarengi dengan susu rendah lemak atau tanpa lemak, daging tanpa lemak, dan menghindari makanan tinggi garam dan gula. Diet ini dirancang untuk membantu orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sebuah penelitian yang dilakukan Rush University Medical Center di Chicago terhadap 964 responden usia rata-rata 81 tahun selama 6,5 tahun, meneliti gejala depresi yang umum muncul pada responden, yang meliputi perasaan terganggu pada hal-hal tertentu yang sebelumnya tidak pernah menjadi masalah, dan rasa kehilangan harapan pada masa yang akan datang.

Para responden kemudian juga diminta untuk menyediakan informasi mengenai pola makan mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang melakukan diet DASH mengalami kemungkinan depresi yang lebih rendah (11 persen) dibanding mereka yang tidak melakukan diet tersebut.

Hasil lainnya menunjukkan bahwa responden yang memiliki pola makan tinggi lemak jenuh dan daging merah, serta jarang makan buah dan sayur, cenderung mengalami depresi.

“Melakukan perubahan gaya hidup, seperti mengubah pola makan, lebih mudah dilakukan dibanding minum obat. Jadi, kami ingin melihat apakah diet bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi risiko depresi," kata Dr. Laurel Cherian, pemimpin studi tersebut, seperti dilansir dari USA Today.

Studi ini akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan ke-70 American Academy of Neurology di Los Angeles bulan depan.

Dan pada awal tahun ini, US News and World Report mengungkapkan bahwa diet DASH yang dikaitkan dengan diet Mediterania sebagai diet terbaik. Publikasi tersebut mengatakan bahwa inilah salah satu diet terbaik untuk menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer