Rechercher dans ce blog

Friday, March 23, 2018

Kecap dalam Ragam Kuliner Indonesia

Suara.com - Setiap daerah di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke memiliki kuliner yang khas, dan keragaman kuliner Indonesia ini diakui oleh Chef Petty Elliot yang telah malang melintang di dunia kuliner Indonesia selama 15 tahun.

Ia menyebut kuliner Indonesia yang khas di setiap daerah dipengaruhi oleh sejarah Indonesia yang pernah disinggahi berbagai negara sebelum era kemerdekaan.

"Perbedaan kuliner di setiap daerah itu hasil dari fusion ratusan tahun lalu lewat kolonisasi negara Eropa dan pengaruh Timur Tengah, India dan Cina. Kuliner Aceh misalnya yang kaya rempah tidak lepas dari pedagang Timur Tengah yang mampir lewat jalur rempah," ujar Chef Petty pada temu media yang dihelat Kraft Heinz ABC di Jakarta, Jumat (23/3/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Chef Selebrity Billy Kalangi menambahkan bahwa keberagaman kuliner di setiap daerah di Indonesia juga tak lepas dari warisan nenek moyang pada zaman dahulu. Hal ini membuat karakter cita rasa dari setiap makanan khas daerah menjadi unik dan berkesan.

"Setiap daerah punya warisan nenek moyang di bidang masakan. Jadi bumbu yang dipakai beda, caranya juga beda, namanya pun juga akhirnya berbeda," tambah dia.

Namun ada satu kesamaan dari keberagaman kuliner daerah di Indonesia, baik Chef Petty maupun Chef Billy mengatakan, selain bumbu dasar seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe dan lengkuas, hampir semua masakan Indonesia menggunakan kecap sebagai bahan tambahan memasak.

"Bahan utama yang selalu ada di semua masakan Indonesia, selain bumbu dasar, dari Aceh ke Papua itu selalu pakai kecap manis. Semuanya tiap daerah masakannya perlu kecap manis. Itu yang unik dari Indonesia," tandas Chef Petty.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer