Rechercher dans ce blog

Monday, March 26, 2018

Menyedihkan, Masyarakat Indonesia Cuma Baca 5 - 9 Buku Per Tahun

Suara.com - Minat baca masyarakat Indonesia tergolong rendah, ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan Perpustakaan Nasional pada 2017.

Dalam pembukaan Rakornas Perpustakaan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 36.48 atau tergolong rendah.

Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa rata-rata masyarakat Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu, dengan jumlah buku yang ditamatkan per tahun hanya 5-9 buku.

"Di dalam situasi yang demikian rendah tersebut, Perpustakaan bisa mengambil peran," ujar Menko Puan Maharani dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com, Senin (26/3/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan percepatan, dimana salah satu yang menjadi prioritas program pemerintah adalah peningkatan sumber daya manusia. Hal ini bisa diwujudkan oleh ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kecerdasan.

"Buku adalah sumber ilmu pengetahuan yang paling banyak memberikan ketiga aspek tersebut, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kecerdasan," ujar Jusuf Kalla saat membuka Rakornas Perpustakaan.

Baik Wapres Jusuf Kalla dan Menko Puan meminta Rakornas Perpustakaan bisa menjadi sarana membahas gagasan-gagasan kreatif dalam rangka memaksimalkan peran dan fungsi perpustakaan.

"Pemerintah berharap di masa depan, Perpustakaan Nasional mampu menjadi Big Data Indonesia yang tidak hanya seperti mesin pencari saja tapi juga menyediakan platform data dan analisanya," tambah Menko Puan.

Dalam kesempatan itu pula, Wapres juga meresmikan perpustakaan digital wakil presiden (wapres digital library) yang berlokasi di sekretariat wakil presiden, Jakarta. Wapres Digital Library berisikan segala informasi dan sumber-sumber referensi, termasuk buku-buku yang pernah dihasilkan oleh para wakil presiden Indonesia, mulai dari presiden Muhammad Hatta hingga Jusuf Kalla.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan Rakornas dihadiri oleh tidak kurang 1.600 peserta yang berasal dari seluruh perpustakaan provinsi, kabupaten/kota, pegiat literasi, pengelola perpustakaan dan taman baca, asosiasi penerbit dan pengusaha rekaman.

Adapun sejumlah pembicara yang berkesempatan hadir, di antaranya DPR-RI, Kemdagri, Kemenristek-Dikti, Bappenas, Kemendes-PPDT, Duta Baca Indonesia, dan Bupati Tapanuli Selatan. Rakornas tersebut berlangsung di Jakarta mulai 26-28 Maret 2018.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer