Rechercher dans ce blog

Monday, April 30, 2018

Asyik, Makan Kue Cokelat Bisa Turunkan Berat Badan

Suara.com - Kue cokelat biasanya jadi makanan yang paling dihindari ketika Anda ingin menurunkan berat badan. Dan Anda akan lebih memilih makanan sehat seperti buah-buahan alih-alih kue cokelat sebagai camilan.

Tapi, ada kabar gembira buat Anda para pecinta kue cokelat. Menurut sebuah penelitian, makan kue cokelat yang terbuat dari dark chocolate, ternyata bisa membantu Anda menurunkan berat badan, lho. Bagaimana caranya?

Menambahkan sesuatu yang manis ke dalam menu sarapan yang kaya protein dan karbohidrat adalah hal yang sangat baik. Tingkat metabolisme tubuh kita berada di level tertinggi di pagi hari setelah bangun tidur. Pada saat ini, tubuh dapat melepaskan kalori dengan mudah.

Dengan mengonsumsi sesuatu yang manis di pagi hari (seperti kue cokelat), Anda dapat terhindar dari keinginan mengudap makanan manis di siang hari, yang biasanya merupakan salah satu penyebab bertambahnya berat badan. Seperti yang Anda tahu, semakin siang, proses pembakaran kalori di dalam tubuh menjadi lebih lambat akibat semakin menurunnya laju metabolisme.

Manfaat lain dari mengonsumsi kue cokelat saat sarapan adalah membantu menekan hormon ghrelin, yaitu hormon yang bertanggung jawab dalam merangsang nafsu makan.

Sebuah penelitian dilakukan untuk mempelajari pengaruh kue cokelat terhadap penurunan berat badan. Sebanyak 190 responden dengan kelebihan berat badan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi makanan manis saat sarapan, termasuk kue cokelat. Kelompok kedua diberi menu sarapan dengan jumlah kalori yang lebih kecil.

Kelompok pertama kemudian diberi menu makan malam dengan kalori yang rendah. Namun, secara keseluruhan, total konsumsi kalori per hari dari setiap kelompok sama persis, yaitu sekitar 1400 kalori untuk perempuan dan 1600 kalori untuk lelaki. Kedua kelompok kemudian terus dimonitor pola makannya selama 32 minggu.

Kedua kelompok diketahui mengalami penurunan berat badan yang sama. Namun, dalam fase pasca studi, kelompok yang mendapat sarapan porsi besar kehilangan berat badan rata-rata 12 kg. Sedangkan kelompok yang mendapat sarapan porsi kecil hanya mengalami penurunan berat badan rata-rata 7,5 kg.

Kelompok kedua yang sarapan dalam porsi kecil ternyata mengalami keinginan mengonsumsi gula dan karbohidrat di siang hari. Dan sebaliknya, kelompok pertama yang sarapan dalam porsi besar merasa lebih puas dan energik sepanjang hari, sehingga tidak lagi ingin makan makanan manis di siang hari.

Seperti yang Anda tahu, penambahan berat badan lebih sering disebabkan oleh keinginan yang meningkat untuk mengasup gula atau karbohidrat, akibat kurangnya jumlah gula dan karbohidrat di dalam tubuh.

Diet yang melarang makanan berkalori tinggi mungkin efektif menurunkan berat badan dalam jangka pendek, tetapi sangat sulit untuk dipertahankan karena para pelaku diet cenderung menyerah pada keinginan kuat untuk mengudap makanan manis.

Jadi, tak ada salahnya memanjakan diri Anda dengan mengonsumsi kue cokelat (utamakan yang dibuat dari dark chocolate!), terutama saat sarapan.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer