Rechercher dans ce blog

Friday, April 27, 2018

Hologram Jadi Penanda Batik Asli

Suara.com - Menjadi salah satu wastra Nusantara yang dikenal di seluruh dunia, tak lantas membuat banyak orang mengenal seperti apa batik asli, yang benar-benar dibuat dengan proses membatik.

Bahkan, tak sedikit orang yang paham cara membedakan batik print yang dibuat oleh pabrik dengan batik tulis atau batik asli yang dibuat langsung oleh para pengrajin batik.

Hal ini membuat Asossiation of Expert and Producers of Indonesia Handicraft (ASEPHI) memperkenalkan stiker hologram untuk menandai produk batik asli. Anda bisa melihatnya di acara pameran kerajinan tangan INACRAFT.

"Hologram Batik Asli bergaransi ASEPHI ini sudah digunakan oleh para pedagang batik Pekalongan, sebagai proyek percontohan. Ini adalah salah satu upaya kami menggaransi keaslian batik yang dibeli konsumen, dalam rangka memberikan edukasi kepada khalayak. Bahwa yang dimaksud dengan batik adalah proses, bukan dinilai dari motif," ujar Ketua Umum Badan Pengurus Cabang ASEPHI Pekalongan, Rommy Oktabirawa.

Tak hanya itu, Rommy juga mengatakan jika hologram batik ini merupakan sebuah penanda untuk melindungi batik tulis, cap, atau kombinasi tulis cap, dan mengedukasi agar konsumen lebih cerdas.

Tak hanya menguntungkan konsumen, penggunaan hologram ini juga dapat melindungi karya-karya para pembuat batik atau produsen.

“Jadi batik Indonesia diekspor ke luar negeri, tapi ada yang mengakui itu batik negara lain. Maka, bisa dicek dari hologram yang tertera," tutup dia.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer