Rechercher dans ce blog

Wednesday, April 25, 2018

Lima Bangunan Ini Serupa Tapi Tak Sama dengan Taj Mahal

Suara.com - Taj Mahal, istana megah di Kota Agra, India, dikenal sebagai simbol cinta dari Raja Shah Jahan untuk mendiang istrinya, Mumtaz Mahal.

Pada 1631, Mumtaz Mahal meninggal usai melahirkan anak ke-14 mereka. Kesedihan yang begitu mendalam membuat Shah Jahan memutuskan untuk mulai membangun mausoleum ini di tahun 1632.

Karena kisah romantisnya yang melegenda, Taj Mahal masuk ke dalam salah satu warisan budaya UNESCO. Dengan predikatnya tersebut, tak heran jika Taj Mahal kemudian menginspirasi para arsitek dunia untuk membuat bangunan yang mirip dengannya. Kira-kira apa aja ya?

1. Taj Mahal Bangladesh
Bangunan yang didirikan oleh sutradara kaya raya asal Bangladesh, Ahsanullah Moni, ini memiliki nama lain Banglar Taj Mahal. Sejak resmi dibuka untuk umum pada 2008 lalu, bangunan ini mendapat protes keras dari warga India di Bangladesh karena benar-benar mirip dengan Taj Mahal asli.

Banglar Taj Mahal di Bangladesh. (India.com)

Ahsanullah mengaku jika keseluruhan marmer yang ada di mausoleumnya sama persis dengan yang ada di Taj Mahal. Ide membangun mausoleum ini berawal dari kunjungan tak terlupakan Ahsanullah ke Taj Mahal pada 1980 lalu.

2. Royal Pavilion, Inggris
Bangunan ini memiliki nama lain Brighton Pavilion karena letaknya di Kota Brighton, Inggris. Pada 1787 lalu, Pangeran George IV menginginkan istana besar sebagai tempat peristirahatan tepi laut di Kota Brighton. Karena itulah bangunan ini dibuat.

Royal Pavilion di Inggris. (India.com)

Lalu, kenapa bangunan ini bisa mirip dengan Taj Mahal? Karena bangunan ini menggunakan gaya arsitektur Indo-Saracenic yang lazim di India pada abad ke-19.

3. Taj Arabia, Dubai
Berbeda dengan bangunan lainnya yang merupakan istana, bangunan satu ini adalah hotel mewah bintang 6 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Taj Arabia di Dubai. (India.com)

Hotel ini resmi dibuka untuk umum pada 2018 dan direncanakan dapat menjadi lokasi pernikahan yang mewah. Arsitektur Taj Arabia terinspirasi dari Taj Mahal, namun memiliki ukuran 4 kali lebih besar.

4. Taj Mahal, China
Warga China memang terkenal akan kehebatannya membuat beragam replika. Bangunan semegah Taj Mahal pun bisa dibuatnya. Salah satu taman bermain di Shenzhen, China, bernama Window to the World, memghadirkan replika Taj Mahal sebagai salah satu objek wisata.

Taj Arabia di China. (India.com)

Selain Taj Mahal, ada juga bangunan ikonik lain seperti Menara Eiffel dan Menara Pisa.

5. Taj of Deccan or Biwi ka Maqbara
Bukan hanya Shah Jahan, keturun Jahan bernama Biwi ka Maqbara, juga membangun mausoleum megah sebagai simbol cinta.

Taj of Deccan or Biwi ka Maqbara. (India.com)

Bedanya, mausoleum ini dibangun untuk mengenang kepergian sang ibu, Dilras Banu Begum. Bangunan yang berada di Aurangzeb, Maharashtra ini memiliki arsitektur yang sangat mirip dengan Taj Mahal.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer