Rechercher dans ce blog

Wednesday, June 27, 2018

Kulit Perih Akibat Sinar Matahari, Pakai Busa Cukur

Suara.com - Sengatan sinar matahari terhadap kulit Anda memang menyiksa. Selain meninggalkan bekas, mengubah warna kulit menjadi lebih gelap, kulit yang terbakar terasa perih dan membuat tak nyaman. 

Jika Anda mengalaminya, ada cara singkat lagi jitu buat mengobatinya. Gunakan busa cukur atau shaving foam mentol  dan gosokanlah ke seluruh kulit yang terbakar.

Inilah yang dilakukan oleh ibu satu anak, Cindie Allen-Stewarr dari Texas, Amerika Serikat (AS) untuk menyembuhkan tubuhnya dari sengatan sinar matahari yang menyakitkan.

Cindie membagikan foto punggungnya sebelum dan sesudah dibalur busa atau krim cukur. Dalam 30 menit, tidak ada lagi jejak terbakar di kulitnya. Dia mengatakan, awalnya cara ini adalah anjuran dari sang suami, yang diajari oleh sang ibu.

"Pertama, belilah busa cukur mentol. Anda harus membeli jenis busa dan harus memiliki mentol di dalamnya, tulisnya. 

Salah satu yang ia rekomendasikan adalah produk Gilette dari Amazon.

"Berikutnya, bubuhkan busa yang sudah dikocok dari botolnya, ke bagian yang terkena luka bakar. Mungkin tampak aneh, karena serasa seperti tengah melakukan ritual bercukur. Namun biarkan saja, dan rasakan sensasi dingin dari mentol. Rasa panas yang tadinya berdiam di kulit akan seperti terangkat," lanjutnya. 

"Setelah 30 menit, saat busa cukur mengering, berikutnya adalah bilas dengan mandi air hangat atau dingin," demikian ia menyebut proses selanjutnya.

Setelah busa ini bersih, proses mengulangi pengobatan dilakukan lagi keesokan harinya jika diperlukan. Namun, dia mengatakan, bahwa dua putaran perawatan ini biasanya cukup untuk membuat kulit terbakar sembuh dan menghilang bekasnya.

"Saya tidur nyenyak setelah perawatan pertama dan ketika bahu saya masih terasa peri, saya menggunakan busa cukur hanya pada bahu saja," tukasnya.

Cindie mengatakan bahwa ibunya mertua awalnya belajar hal ini  dari dokter dan dia berpikir  hal ini tidak  umum, sampai dia melihat hasil nyata untuk dirinya sendiri. 

Meskipun begitu, Cindie juga memperingatkan   untuk menggunakan pertahanan terbaik terhadap sinar matahari, yakni dengan memakai tabir surya.

Dan, sementara waktu belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa busa cukur mentol bisa membantu pemulihan kulit terbakar.

Tetapi satu hal sudah jelas, fungsi sebagai busa cukur tentu saja untuk mengurangi iritasi pada kulit saat menggunakan pisau cukur atau silet.  Hal ini bisa diaplikasikan untuk iritasi kulit yang lain, yaitu kondisi terbakar matahari. Sementara mentol bisa menguap begitu cepat, sehingga mampu mengurai panas dari kulit. 

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer