Rechercher dans ce blog

Sunday, September 30, 2018

Jari Lucifer, Kerang Langka nan Mahal yang Hidup di Laut Lepas

Suara.com - Banyak restoran di Portugal dan Spanyol menyajikan makanan aneh nan mahal yang diberi nama Jari Lucifer seharga Rp 1,7 juta per porsi.

Jari Lucifer sendiri merupakan sejenis kerang. Di Indonesia, kerang ini dikenal dengan nama percebes atau teritip.

Harga yang sangat mahal itu disinyalir karena stok jari Lucifer yang langka serta pemburuannya yang sangat berbahaya.

Jari Lucifer, tidak dapat dikembangbiakkan dan mereka hanya tumbuh subur di bebatuan zona intertidal laut.

Bahkan para pemburu jari Lucifer harus mengambil risiko tertabrak batu karang saat diterjang ombak, atau bahkan jatuh tenggelam ke lautan dilansir Odditycentral.

"Jangan pernah berpaling dari Tuhan ketika Anda menyelam untuk mencari jari-jari Lucifer. Ketika Anda menyelam untuk mencari percebes, Anda kemungkinan besar akan terluka atau terbunuh. Ada banyak kasus penyelam yang jatuh pingsan dan tenggelam. 'Yang beruntung' lolos dengan patah lengan atau kaki atau lecet," kata pemburu Jari Lucifer, João Rosário kepada BBC.

Hasil panen jari Lucifer sangat diatur oleh pemerintah Portugal. Hanya ada 80 pemburu berlisensi yang diterbitkan setiap tahun, dan kuota panen harian mereka maksimum sebanyak 15 kg per penyelam.

Walau nama dan penampilan jari Lucifer kurang menarik perhatian, tapi makanan tersebut dianggap lezat oleh pecinta kuliner laut.

Mengenai bagaimana cara memasak kerang terbaik ini, orang-orang Portugis menyajikan makanan ini dengan merebus Jari Lucifer menggunakan air asin. 

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer