Rechercher dans ce blog

Monday, December 31, 2018

Penjaja Jasa Foto Keliling di Pantai Karang Hawu Tergerus Zaman

Suara.com - Bencana tsunami yang menerpa area Selat Sunda tak hanya meninggalkan luka tetapi juga membuat warga urung berwisata ke kawasan pantai pada musim liburan tahun ini dan berdampak pada usaha tukang foto keliling di Pantai Karang Hawu , Pelabuhan Ratu, Sukabumi .

Hal tersebut diutarakan oleh Suhendi, seorang penjaja jasa foto langsung jadi yang Suara.com temui beberapa waktu lalu.

Bahkan Suhendi sempat mendengar isu adanya larangan masuk ke area Pelabuhan Ratu. "Tadi denger katanya dicegat di Cibadak, orang-orang gak boleh masuk ke Pelabuhan Ratu. Padahal gak ada apa-apa, tapi pengunjung jadi sepi, takut ke pantai. Usaha foto keliling  jadi semakin sepi," kata Suhendi.

Suhendi sendiri sudah 35 tahun lebih bekerja sebagai 'tukang foto' di area Pantai Karang Hawu. "Dari harga selembar 500 perak sampai sekarang jadi 10 ribu. Udah ganti-ganti kamera juga," kisahnya.

Kemajuan teknologi, Ia akui, menghambat pemasukannya.

Pasalnya, banyak wisatawan yang sudah memiliki kamera canggih dan tak mau repot-repot meminta jasa tukang foto seperti Suhendi.

Kadang meski saat ramai pengunjung, ia tidak mendapatkan uang sama sekali.

Padahal alat berupa kamera DSLR dan printer foto portable yang ia punya memiliki harga hampir Rp 10 juta.

"Peralatan punya sendiri, harganya hampir Rp 10 juta tapi Alhamdulillah sudah lunas."

Suhendi tidak sendiri, ada puluhan tukang foto lain yang tersebar di area pantai Pelabuhan Ratu. Mereka mematok harga Rp 10 ribu untuk satu lembar foto berukuran 3 R.

Jasa tukang foto tergerus zaman dan sepi peminat seperti halnya yang terjadi  di Pantai Karang Hawu, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer