Rechercher dans ce blog

Tuesday, March 10, 2020

PPP: Makin Banyak Suara Rakyat Hangus Bila Parliamentary Threshold Dinaikkan - Suara Pembaruan

Jakarta, Beritasatu.com - Wasekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidlowi menyatakan pihaknya mengingatkan pengusung ide kenaikan ambang batas parlemen (parliamentary threshold/PT) dari 4 persen ke 7 persen untuk menghormati suara rakyat. Sebab menaikkannya berarti akan menambah suara rakyat yang terbuang.

Yang dimaksud wakil rakyat dari PPP ini tentunya adalah suara rakyat yang memilih parpol yang tak lolos angka 7 persen itu. Secara otomatis, suara tersebut akan hangus dan tak bisa dikonversikan menjadi kursi di parlemen. Jika tak ada perwakilannya di parlemen, maka aspirasi rakyat yang suaranya hangus itupun akan tak terwakili.

"Maka PPP mengingatkan bahwa kenaikan angka parliamentary threshold akan menambah suara hangus terbuang sia-sia. Akan ada jutaan aspirasi dari masyarakat yang disalurkan melalui partai politik tapi tidak bisa diteruskan ke parlemen karena parpol tersebut tidak lolos angka parliamentary threshold," kata Baidlowi, Selasa (10/3/2020).

Baginya, hal demikian sekaligus menafikan keragaman yang menjadi fondasi terbentuknya NKRI. Harus diingat, kata Baidlowi, NKRI ini terbentuk atas konsensus bersama yang menghormati suku, agama, kelompok, maupun golongan.

PPP memang salah satu yang paling terancam bila PT dinaikkan menjadi 7 persen. Pada pemilu 2019 lalu, PPP lolos dengan raihan sedikit di atas angka batas PT 4 persen tersebut.

Pada kesempatan itu, Baidlowi juga bicara soal usulan agar sistem pencalegan dilaksanakan secara tertutup, berubah dari sistem terbuka yang saat ini diterapkan. Pihaknya menilai hal itu akan lebih memberikan kesempatan kepada parpol untuk menyiapkan kader terbaik, bukan sekadar caleg yang hanya bermodal finansial dan popularitas.

"Sistem kepartaian akan berjalan maksimal," imbuhnya.

Namun pihaknya bukan berarti otomatis menyetujui sistem tertutup. PPP masih membuka opsi mendukung sistem terbuka seperti saat ini.

"Mengenai sistem masih sangat opsional. Kalaupun sistem tertutup, tapi demokrasi internalnya harus jalan. Dan kalaupun sistem terbuka, maka peran parpol harus diperkuat," ujarnya.

Yang jelas, PPP akan terus menggelar sejumlah diskusi terfokus untuk mematangkan semua masukan mengenai perubahan UU Pemilu yang sudah diajukan di Prolegnas.

Let's block ads! (Why?)



"suara" - Google Berita
March 10, 2020 at 03:55PM
https://ift.tt/3cIDshL

PPP: Makin Banyak Suara Rakyat Hangus Bila Parliamentary Threshold Dinaikkan - Suara Pembaruan
"suara" - Google Berita
https://ift.tt/2QI8pbK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer