Rechercher dans ce blog

Sunday, November 26, 2017

Sensasi Menyeruput Kopi Bengkulu

Suara.com - Kualitas dan citarasa kopi Indonesia, memang sudah tak diragukan lagi. Bahkan kini, nama kopi yang dihasilkan di beberapa daerah di Indonesia sudah sangat populer hingga ke mancanegara. Salah satunya yang berasal dari Bengkulu.

Menurut Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, kopi Bengkulu punya keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kopi di daerah lainnya di Indonesia. Kopi berjenis robusta ini, kata dia, memiliki citarasa aroma buah lemon, coklat dan herba yang khas.

"Ditanam di ketinggian 800-1400 di atas permukaan laut, kopi Bengkulu punya rasa yang unik, karena lahannya terdapat di pegunungan yang letaknya dipinggiran pantai. Ini mempengaruhi rasanya," ujar dia dalam acara "Semarak Kopi Bengkulu" di kawasan Car Free Day, di Jakarta, Minggu (26/11/2017).

Selain itu, lanjut dia, kopi yang ditanam di Bumi Raflesia ini, dibudidayakan secara organik, tanpa pupuk kimia dan pestisida, dengan proses pengolahan khusus dan mendapatkan predikat excellent dari Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Irfan Anwar, mengungkapkan bahwa kopi robusta dari Bengkulu juga merupakan varian unggulan hingga masuk menjadi peringkat 5 di Pusat Penelitian (PUSLIT) Kopi Nasional.

"Saat ini, total produksi kopi robusta secara nasional mencapai angka 650 ribu ton. Kopi Bengkulu yang banyak ditanam di daerah Kabupaten Kepahiang juga masuk ke dalam jajaran kopi terbaik Indonesia melalui berbagai kontes kopi," jelas dia.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, bahwa kopi Bengkulu masuk dalam kopi terbaik se-Indonesia.

Untuk itu, pemerintah Bengkulu, kata Rohidin berinisiatif untuk memperkenalkannya, melalui "Semarak Kopi Bengkulu" bagi pengunjung Car Free Day di Jakarta. Acara ini, lanjutnya, sekaligus membantu para petani serta pengusaha kopi Bengkulu untuk dapat terkenal.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer