Rechercher dans ce blog

Monday, January 29, 2018

Serangga Jadi Makanan Bergizi yang Bakal Tren

Suara.com - Serangga diprediksi akan menjadi tren makanan bergizi di 2018 dan tahun-tahun mendatang. Didukung dari penelitian oleh Rutgers University menemukan bahwa kebiasaan makan serangga sudah dilakukan nenek moyang kita berabad-abad lalu.

Peneliti utama Mareike Janiak, di Departemen Antropologi, Rutgers University menemukan bahwa analisis ini setelah mempelajari genom dari 34 primata, mencari salinan gen yang disebut CHIA, enzim yang memecah chitin, bagian tubuh serangga.

Janiak dan rekan-rekannya menemukan bahwa hampir semua primata yang hidup masih memiliki versi gen yang dibutuhkan untuk menghasilkan enzim ini.

"Kami menemukan bahwa nenek moyang kita dulu memiliki enzim yang dapat menghancurkan tubuh serangga. Itu menunjukkan bahwa serangga merupakan salah satu bahan makanan yang dikonsumsi pendahulu kita," ujar Janiak.

Menurut PBB, ada 1.900 spesies serangga yang dapat dimakan. Meski tidak terlalu populer di Amerika Serikat, serangga merupakan bagian dari makanan tradisional untuk dua miliar orang di seluruh dunia.

Janiak juga mengatakan bahwa serangga juga bergizi tinggi. Ia menjelaskan bahwa serangga mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, mineral dan lemak sehat.

"Di kerangka tubuh serangga terkandung karbohidrat, protein, dan mineral, yang dibutuhkan tubuh," katanya.

Sebuah studi pada 2016 yang dipublikasikan di European Journal of Clinical Nutrition yang membandingkan komposisi nutrisi serangga dengan daging menemukan bahwa sebagian besar nutrisi pada daging juga ditemukan pada serangga. Misalnya, 3,5 gram daging babi dan jangkrik masing-masing mengandung sekitar 20 gram protein.

Bagaimana tertarik meracik serangga sebagai menu sehari-hari? [Menshealth]

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer