Rechercher dans ce blog

Wednesday, March 28, 2018

Ada Penenun Cilik di Gelaran IFW 2018, Siapa Dia?

Suara.com - Ada yang menarik di gelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2018, yang dibuka Rabu (28/3/2018).

Di salah satu sudut, nampak seorang gadis kecil berambut ikal tengah sibuk membuat tenun khas Sumatera Utara.

Awam mungkin menduga bahwa apa yang bocah tersebut lakukan hanya main-main, tapi kalau ditilik lebih lanjut, jari mungilnya memang betulan lihai mengolah benang pada alat tenun bernama sorha.

Dia adalah Nantinka Sihombing, anak dari desainer Tanah Air, Merdi Sihombing.

Nantinka mungkin masih berusia tujuh tahun dan baru duduk di bangku kelas dua Sekolah Dasar. Tapi untuk urusan bakat seni, jangan ditanya.

Nantinka Sihombing, putri dari desainer Merdi Sihombing, tampak piawai dalam menenun ulos di area Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 di JCC, Rabu (28/3/2018). (Suara.com/Risna Halidi)

Selain jago menenun, Nantinka juga bercita-cita menjadi desainer dan penyanyi. "Cita-cita ingin jadi seniman seperti ayah. Aku bisa gambar dan nyanyi juga," ucapnya saat menunjukkan bakat menenun di hadapan pewarta saat gelaran Indonesia Fashion Week di JCC, Rabu (28/3/2018).

Nantinka memang sudah akrab dengan dunia seni dan tenun. Ibunya adalah seorang penenun dari Pulau Samosir, Sumatera Utara. "Dari usia 5 tahun sudah coba-coba menenun iseng-iseng kalau lagi habis belajar," ujarnya lagi.

Hingga saat ini, gadis berusia 7 tahun tersebut telah berhasil membuat dua tenun ulos yang bisa digunakan saat upacara pesta.

Kedua koleksi yang telah dibuat Nantinka ia simpan baik-baik sebagai keberhasilannya menenun ulos selama 3-4 bulan ke belakang.

Ke depan, Nantinka berencana lebih serius untuk belajar membuat tenun ulos dan mendesain pakaian seperti kedua orangtuanya.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer