Rechercher dans ce blog

Thursday, April 26, 2018

Kekuatan Makanan, Mulai dari Mencerdaskan hingga Memperbaiki Mood

Suara.com - Ada banyak mitos tentang kekuatan makanan tertentu yang diyakini banyak orang dalam upaya 'merayu' mereka yang tak menyukai makanan-makanan sehat.

Salah satu di antaranya adalah makan wortel akan membuat penglihatan Anda tajam. Atau, sayur bayam membuat kekuatan Anda bertambah beberapa kali lipat.

Meski terdengar agak sedikit berlebihan, bukan berarti makanan-makanan tersebut tidak memiliki khasiat. Seorang jurnalis kesehatan dan penulis, Max Lugavere, mengatakan bahwa makanan tertentu memang diketahui dapat meningkatkan fungsi kognitif pada tingkat yang tidak terlalu berbeda dengan kepercayaan banyak orang selama ini.

“Makanan memiliki peran yang kuat dalam kesehatan kognitif dengan menyediakan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki dari kerusakan yang terjadi karena tekanan kehidupan modern,” jelas Lugavere, dalam bukunya Genius Foods: Become Smarter, Happier, and More Productive While Protecting Your Brain for Life.

Ia juga mengatakan bahwa mengonsumsi makanan yang tepat dapat benar-benar meningkatkan kecerdasan dan memori.

"Makanan yang tinggi lutein dan zeaxanthin, sejenis pigmen organik, telah dikaitkan dengan peningkatan kecerdasan yang cukup signifikan," kata Lugavere seperti dilansir dari The Independent.

Ia menjelaskan bahwa pigmen ini ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam banyak makanan yang selama ini memang kita anggap menyehatkan, seperti kale, bayam, dan alpukat. Selain itu, kedua jenis pigmen ini juga ditemukan dalam kuning telur dan lemak daging sapi.

"Dalam sebuah penelitian, kedua senyawa ini ditemukan pada mahasiswa muda dan sehat untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan visual yang penting untuk kinerja atletik dan menanggapi rangsangan visual," tambahnya.

Menurut Lugavere, saat ini, peradangan dan otak sangat erat berkaitan. "Peradangan merupakan batu pijakan penyakit kronis yang tidak menular, yang sekarang menyumbang 60 persen dari semua kematian di seluruh dunia menurut WHO," katanya.

“Jenis penyakit ini relatif langka di zaman kuno, termasuk penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Tapi peradangan, di sisi lain juga memberi sinyal pada otak kita bahwa tubuh kita sedang diserang," jelasnya.

Salah satu kelompok makanan paling kuat untuk memerangi peradangan, menurutnya, adalah sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis. Sayuran ini menghasilkan senyawa yang disebut sulforaphane, yang juga telah dikaitkan dengan peningkatan gejala autisme, melindungi kulit dari penuaan dini, dan meningkatkan memori.

"Kecambah brokoli muda memiliki 100 kali jumlah senyawa kuat dibanding brokoli dewasa," tambahnya.

Buku Genius Foods juga memuji jenis-jenis makanan seperti blueberry, minyak zaitun extra-virgin, alpukat, dan cokelat pekat sebagai makanan yang dapat meningkatkan kemampuan otak.

Let's block ads! (Why?)

No comments:

Post a Comment

Search

Featured Post

Mysterious noise irking Tampa residents may be fish mating loudly: 'Pretty uncommon phenomenon' - New York Post

Residents of Tampa, Florida have reported hearing strange noises coming from the bay for years, and now scientists believe it may be fish ...

Postingan Populer